Jenis umpan buatan (lure) untuk memancing

Jenis umpan buatan (lure) untuk memancing
All-new BMW Seri 7 dan BMW Seri 5 Jadi Kendaraan Resmi Leaders’ Summit Indian Ocean RIM Association 2017
Shell Meluncurkan Kartu Online Pasca Bayar Pertama
Mesin Diesel Sulit Di Starter

Umpan pancing adalah hal yang sangat utama dalam memancing. Banyak sekali jenis umpan yang  bisa kita gunakan. salah satu jenis umpan yang banyak digemari adalah umpan buatan atau lure. Umpan buatan ini biasanya digunakan saat memancing dengan teknik casting, jigging ataupu popping. Namun taukah anda sebenarnya jenis-jenis dari lure ini sendiri ada berapa?. Dalam artikel ini kita bahasa mengenai jenis-jenis lure yang beredar dipasaran.

1. Minnow

Jenis lure paling banyak digunakan oleh pemancing adalah jenis minnow. Kenapa disebut minnow ? karena lure ini mirip dengan ikan minnow. Umpan ini cocok digunakan di freshwater atapu saltwater. Dari segi bahan minnow terbuat dari dari bahan plastik, metal ataupun kayu. Minnow sendiri juga terdiri berbagai tipe, diantarnya

  • Floating type, jenis umpan umtuk dipermukaan namun tidak bergerak seperti popper dengan jenis pencil
  • Shallow type, bermain untuk target ikan yang relatif tidak dalam (dekat dengan permukaan air).
  • Deep type, untuk target ikan yang bermain di dasar perairan
  • Sinking type, jenis umpan yang cepat sekali tenggelam untuk target ikan di dasar air
Lure Minnow

Lure Minnow

2. Jig

Umpan jenis Jig ini biasanya digunakan saat memancing dengan teknik jigging. Bahan dari umpan jig ini biasanya terbuat dari bahan metal/logam. Pemakaian jig dari logam biasanya dipasangkan dengan single hook (assist hook). Agar terlihat lebih menarik biasanya, akan diberikan aksesoris seperti karet, bulu binatang, dan skirt.

jig lure

jig lure

3.Popper

Jenis Popper ini bergerak di permukaan air dan akan mengeluarkan bunyi cipratan air yang akan menarik ikan predator untuk menyambar. Bahan dari jenis umpan ini biasa terbuat dari bahan katu atau plastik. Dari segi tipe Popper sendiri terlah berkembang dengan berbagai tipe, diantaranya :

popper lure

popper

Stickbait

ini merupakan Umpan Lure jenis popper yang mempunyai pergerakan zigzag atau bergerak menyerupai ikan yang hidup. Lure stickbait ini dikenal sebagai sebagai lure WTD ( Walk The Dog). Mulut popper bisa berbentuk rata ataupun berbentuk seperti tipe pensil, seperti bentuk pensil yang di atas. Didesain dengan berbagai variasi bentuk dan warna, agar menarik perhatian ikan.

stickbait lure

stickbait

Pencil

jenis Pencil ini juga merupakan bagian dari popper meskipun dalam penggunaanya tidak menimbulkan cipratan air, namun hanya bermain di permukaan saja. Pencil juga mempunyai karakter WTD (Walk The Dog) yang bergerak secara zig-zag hampir menyerupai umpan jenis stickbait. Cocok digunakan pada air yang mengalir dan tenang. Pada permukaan air yang mengalir lebih baik digunakan dengan melawan arus.

pencil lure

pencil

4. Spoon

Umpan jenis spoon ini berbentuk sendok, bahan dasar pembuatan spoom ini adalah logam. Spoon ini dapat digunakan untuk ikan dasaran ataupun permukaan. Cara penggunaannya dengan lempar tarik seperti minnow/kodok

spoon lure

spoon

5. Froggy / Kodok

Umpan froggy kodok ini banyak digunakan untuk target ikan tomang. Dari jenis Froggy sendiri terdiri dari Soft Frog dan Jump Frog pada umumnya. Penggunaan dari soft frog dan jump frog sendiripun berberda. Soft Frog biasa digunakan untuk di medan yang banyak halangan (tumbuhan air) misal di sawah, kolam. Untuk Jump Frog sendiri banyak digunakan untuk medan yang lebih bersih, misal danau.

soft frog lure

soft frog lure

jump frog

jump frog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Itu lah beberapa jenis umpan buatan yang beredar dipasaran. Harus diketahui bahwa setiap jenis umpan buatan mempunyai karakter tersendiri. Karakter dari umpan akan sangat mempengaruhi penggunaan dan target dalam memancing. Happy Fishing, KAtttttttt

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0